-->

Dua Dunia Ki Ageng Mangir Wonoboyo Bagian 1 dan 2

--KODE IKLAN ADSENSE HASIL PARSE UNTUK TAMPILAN PC--
--KODE IKLAN ADSENSE HASIL PARSE UNTUK TAMPILAN PC--
Video Dua Dunia Ki Ageng Mangir Wonoboyo|19 Juni 21 Juni 2013|Sebuah petilasan di bantul Yogyakarta mengundang misteri dengan tanah wanginya, siapakah ki ageng mangir wonoboyo dan pusaka apa yang tersimpan di tempat ini?

Video Dua Dunia Ki Ageng Mangir Wonoboyo Bagian 1




Video Dua Dunia Ki Ageng Mangir Wonoboyo Bagian 2



Kisah kehidupan dan kematian Ki Ageng Mangir dapat terekam melalui beberapa situs makam dan dari sejarah lisan yang diceritakan oleh masyarakat Yogyakarta. Situs makam tersebut menjadi kontroversi banyak orang. Sebab, terdapat dua makam Ki Ageng Mangir yang terletak di wilayah yang berbeda.
Makam Mangir di Kotagede dibuat sedemikian rupa sehingga separo nisannya berada di dalam tembok makam dan separonya lagi berada di luar tembok makam. Hal ini dimaksudkan bahwa separo tubuh Mangir adalah menantu Senapati atau anggota dinasti Mataram, akan tetapi separonya lagi adalah musuh Mataram. Namun, beberapa masyarakat menyangsikan kebenaran makam tersebut. Pemakaman di makam Kotagede itu hanyalah pemakaman politis. Sehingga, peristiwa atas pembunuhan putra menantu sendiri oleh Raja Mataram itu kelihatan sah.
 Versi lain lagi menyatakan bahwa makam Mangir berada di Dusun Sebaran, Godean, Sleman. Kebanyakan trah Mangir lebih meyakini bahwa makam Mangir adalah yang terletak di Sebaran ini. Kemungkinan keyakinan ini didasarkan pada suatu versi yang menyatakan bahwa setelah Mangir berhasil dibunuh jasadnya dikeluarkan dari Kraton Mataram Kotagede melalui pintu belakang dengan dinaikkan pada gerobak/pedati. Orang yang ditugaskan untuk membawa jasad Mangir ini adalah Demang Saralati. Demang Saralati ini diyakini menjadi cikal bakal Dusun Saralaten yang keletakan wilayahnya berada di sisi timur Dusun Sebaran. Disebelah makam ada batu nisan panjang sebagai makam kuda tunggangan Mangir yang mencari tuannya.


--KODE IKLAN ADSENSE HASIL PARSE UNTUK TAMPILAN PC--

Baca juga: